Jumat, 28 April 2017

Sumber Berita Sejarah Kerajaan Majapahit

Sumber Berita Sejarah Kerajaan Majapahit - Sebagai salah satu kerajaan besar di tanah air, Kerajaan Majapahit sampai sekarang masih menjadi bahan studi yang menarik bagi para pecinta sejarah. Mulai dari masa berdirinya Kerajaan Majapahit sampai dengan masa keruntuhannya menjadi materi yang didalami. Keberadaan Kerajaan Majapahit ini bisa diketahui melalui berbagai peninggalannya yang tersebar di berbagai tempat. Selain beberapa peninggalan Kerajaan Majapahit yang digunakan sebagai sumber informasi tentang keberadaannya, ternyata juga ada sumber berita sejarah Kerajaan Majapahit yang lainnya. Ada beberapa sumber sejarah Kerajaan Majapahit yang bisa dijadikan sumber informasi tentang Kerajaan Majapahit.

Sumber berita sejarah Kerajaan Majapahit ini bentuknya bermacam-macam. Ada yang berupa sebuah prasasti, ada juga yang berupa kitab. Nah, maka dari itu pada kesempatan kali ini blog sejarah majapahit lengkap akan mengulas mengenai beberapa sumber berita sejarah Kerajaan Majapahit untuk Anda. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Prasasti Butok

Kerajaan Majapahit ini meski merupakan kerajaan besar dengan pengaruh yang begitu luas, namun hanya sedikit meninggalkan prasasti. Sampai saat ini hal ini juga masih menjadi pertanyaan, apakah memang prasasti Kerajaan Majapahit ini belum bisa ditemukan ataukah memang Kerajaan Majapahit kurang memperhatikan pesan kepada masa depan. Sehingga sumber berita sejarah Kerajaan Majapahit ini sangat sedikit, yang salah satunya adalah Prasasti Butok (1244 M). Prasasti Butok populer juga disebut dengan Prasasti Gunung Butak. Prasasti Butak ini diyakini dikeluarkan atau dibuat oleh Raden Wijaya yang berarti juga dibuat pada masa berdirinya Kerajaan Majapahit. Prasasti Butok ini diperkirakan dibuat segera setelah Raden Wijaya berhasil naik tahta. Prasasti Butok ini bibuat untuk mengenang peristiwa runtuhnya Kerajaan Singhasari dan perjuangan Raden Wijaya dalam mendirikan Kerajaan Majapahit.

2. Kidung Harsawijaya dan Kidung Panji Wijayakrama

Sumber berita sejarah Kerajaan Majapahit selanjutnya adalah Kidung Harsawijaya dan Kidung Panji Wijayakrama. Kidung Harsawijaya ini berisi tentang cerita keruntuhan Kerajaan sebelum Majapahit yaitu Kerajaan Singasari. Kerajaan Singasari sendiri sering disebut sebagai cikal bakal dari Kerajaan Majapahit yang dibangun Raden Wijaya. Sedangkan Kidung Panji Wijayakrama adalah berisi tentang cerita perjuangan Raden Wijaya (baca : Asal Usul dan Biografi Raden Wijaya) saat menghadapi musuh-musuhnya. Kebanyakan musuh yang dilawan Raden Wijaya adalah beberapa kerajaan lain di masa-masa awal mendirikan Kerajaan Majapahit.

3. Kitab Pararaton

Sumber Berita Sejarah Kerajaan Majapahit
Sumber Berita Sejarah Kerajaan Majapahit
Kitab Pararaton adalah termasuk salah satu sumber berita sejarah Kerajaan Majapahit selanjutnya. Kitab Pararaton juga disebut Kitab Pustaka Raja. Kitab Pararaton ini adalahs ebuah kitab sastra Jawa yang memuat tentang pemerintahan Kerajaan Singasari dan Kerajaan Majapahit. Kitab ini tidak begitu tebal, hanya berisikan 32 halaman yang seukuran kertas folio. Secara lebih detail, Kitab Pararaton berisi tentang cerita raja-raja pada masa Singasari dan Majapahit. Kitab Pararaton yang berbahasa Jawa ini diperkirakan keluar pada tahun 1481. Kitab Pararaton ini seperti menjadi sumber berita sejarah Kerajaan Majapahit yang paling banyak digunakan untuk merekontruksi sejarah Kerajaan Majapahit setelah Kitab Negarakertagama.

4. Kitab Negarakertagama

Sumber Berita Sejarah Kerajaan Majapahit
Sumber Berita Sejarah Kerajaan Majapahit
Selain kitab Pararaton, sumber berita sejarah Kerajaan Majapahit yang berbentuk kitab adalah Kitab Negarakertagama. Kitab Negarakertagama atau Kitab Deswarnana adalah kitab yang berbahasa Jawa yang menjadi sumber berita sejarah Kerajaan Majapahit yang paling utama. Kitab Negarakertagama diperkirakan dibuat atau keluar pada tahun 1365. Kitab ini ditemukan oleh ilmuwan dari Belanda pada 1894. Dalam sejarahnya, Kitab Negarakertagama ini hampir dibakar oleh Tentara KNIL. Kitab Negarakertagama ini berisi cerita tentang perjalanan raja Hayam Wuruk yang berhasil membawa ke masa kejayaan Kerajaan Majapahit. Daerah kekuasaan Majapahit juga dibahas dalam Kitab Negarakertagama.

Kitab Negarakertagama ini sudah rapi dan sistematis yang terbagi dalam beberapa pupuh. Pupuh 1 sampai 7 berisi tentang cerita para raja beserta keluarganya. Pupuh 8 sampai pupuh 16 bercerita tentang kota dan wilayah-wilayah Majapahit. Pupuh 17 sampai pupuh 39 menceritakan tentang perjalanan keliling ke Lumajang. Pupuh 40 sampai dengan 49, berisi tentang silsilah Raja Hayam Wuruk. Sedangkan pupuh 45 sampai pupuh 49 berisi tentang kisah raja-raja Majapahit mulai dari Kertarajasa Jayawardhana sampai raja Hayam Wuruk.


Itulah beberapa sumber berita sejarah Kerajaan Majapahit yang bisa kami sampaikan untuk Anda. semoga sedikit informasi mengenai sumber sejarah Kerajaan Majapahit di atas berguna dan bisa menambah pengetahuan kita semua mengenai sejarah Kerajaan Sejarah. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sumber Berita Sejarah Kerajaan Majapahit

0 komentar:

Posting Komentar